Manfaat Cantalupo, Manfaat dan Kandungan Nutrisi

Manfaat Cantalupo, Manfaat dan Kandungan Nutrisi

Cantalupo memiliki nama latin Melon Curcumis dan sebenarnya semacam melon. Mereka juga mengikuti saudara kandung dengan labu dan mentimun karena pohon yang tumbuh menyebar di tanaman lain.

Melon umumnya dikonsumsi sebagai minuman campuran. Ada juga yang menggunakannya dengan membuat kolase seperti labu. Namun, dibalik buah daging yang menyegarkan, melon menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ini karena nutrisi yang terkandung dalam buah ini sangat melimpah.
Konten Nutrisi Blewah
Cantaloupe diketahui memiliki banyak kandungan gizi mineral dan vitamin serta serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Cantaloupe mengandung kadar vitamin A tinggi yang 3382IU per 100 gram buah yang bisa menutupi hingga 68% kebutuhan vitamin A. Vitamin C juga cukup tinggi, yaitu 36,7 mg per 100 gram buah dapat memenuhi 61 % kebutuhan harian vitamin C.
baca juga: sunat pekanbaru

Melon juga kaya akan mineral kalium 267.000 mg per 100 gram buah (cukup 8% kebutuhan potassium harian). Juga melon juga mengandung nutrisi sebanyak 21 mcg asam folat per 100 gram (5% memenuhi kebutuhan sehari-hari asam folat).

Berikut adalah beberapa manfaat melon untuk kesehatan tubuh Anda:

Tingkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A dan C dalam melon bermanfaat untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga merupakan antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit.

Mata sehat
Karena kandungan vitamin A yang tinggi, konsumsi melon mampu memberi makan indera penglihatan kita.

Jauhkan kesehatan gusi Anda
Karena tingginya kadar vitamin C, lumina efektif menjaga kesehatan mulut dan gusi.

Menjaga kesehatan kulit
Vitamin A juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Sedangkan Vitamin C sangat membantu dalam membantu sintesis kolagen.

Turunkan kolesterol
Vitamin C tinggi dalam melon dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga berguna untuk mencegah pembekuan darah dan menguatkan dinding kapiler.

Pencernaan halus
Konsumsi melon juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran kemih, termasuk pencegahan infeksi saluran kemih. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat makanan dalam melon.

Darah rendah

Kandungan vitamin C dan kalium dalam melon juga mampu mempertahankan tekanan darah.

Mencegah kanker serviks

Kegagalan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti beta karoten, vitamin C dan asam folat berisiko terkena kanker serviks. Tapi pada buah melon kebutuhan Anda akan menjadi 3 tersbut nutrisi yang bisa dipuaskan.

Wanita hamil dan janin

Kandungan folat tinggi dalam buah memabntu melon untuk mempertahankan dan menghasilkan sel baru, yang penting bagi ibu hamil terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Rendah gula

Melon juga memiliki indeks glisemik rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah melon adalah gula alami sederhana, sehingga aman untuk penderita diabetes dan obesitas. Melon juga bisa mengurangi asam urat.

Di bulan Ramadhan seperti ini, melon adalah buah yang sering ditemukan. Jadi tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi buah ini, karena selain pendinginan untuk berbuka puasa, melon juga bermanfaat bagi kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar