Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Rambutan adalah tanaman buah yang tumbuh pada waktu fajar di daerah tropis. Buah ini diduga berasal dari pulau-pulau di Asia Tenggara. Implementasi rambutan ke negara ini sangat mirip dengan Amerika Tengah, Kamboja, Afrika, Malaysia, Indonesia, Karibia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka. Buah Rambutan bisa dengan mudah dibeli selama musim, sehingga buahnya disebut buah musiman.

Jenis Buah Rambutan

Rambutan dinamakan karena dagingnya ditutupi kulit dengan rambut panjang, meruncing dan cukup kaku saat disentuh. Rambutan memiliki banyak tipe:

Rambutan Rapiah

baca juga :http://sunatpekanbaru.com/
Jenis rambutan yang kebanyakan orang dukung, karena sangat manis, daging buahnya tebal, dan sedikit kenyal. Keuntungan dari rambutan ramiah adalah benih yang 'ngelotok' dagingnya, sehingga Anda bisa menikmati daging pada umumnya.

Rambutan Sang Nyonya

Dikatakan 'The Lady' karena terlihat sangat cantik dan menarik untuk dilihat. Rambut merah padat dan penampilan wanita semakin feminim. Orang yang suka jenis ini alasan rambutan karena memang cukup unik.

Sebenarnya ada banyak jenis buah rambutan lainnya, tapi saya sama sekali tidak bisa berbicara. Intinya, rambutan buah menyimpan banyak nutrisi yang pada umumnya baik untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Konten Nutrisi Rambutan

Sedikitnya 100 gram buah rambutan mengandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, DNA 58 mg vitamin C. Buah ini cukup mudah dicerna karena kandungan seratnya banyak, yaitu 2 gram serat per 100 gram buah rambutan. Karena ada cukup kalori, buah rambutan sangat cocok untuk program diet yang sukses.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Jumlah nutrisi pada setiap jenis buah rambutan membuat buah ini menyumbangkan banyak perawatan kesehatan ke tubuh. Berikut manfaat buah rambutan bagi tubuh.

Radikal Gratis Antidoto

Seperti dilansir laman Times of India, di kulit buah rambutan ada beberapa senyawa organik seperti asam galat. Fungsi senyawa organik ini sesuai hasil penelitian tubuh adalah sebagai pemulung radikal bebas (membantu melindungi terjadinya kerusakan oksidatif dalam tubuh).

Stamina Enhancer

Buah rambutan juga cenderung dikonsumsi setelah berolahraga karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya berperan sebagai energi atau energi Protege. Banyak suplemen kesehatan terdiri dari ekstrak kulit dan buah rambutan untuk membantu mengembalikan energi.

Perlindungan ginjal

Sedangkan kandungan fosfor pada buah rambutan membantu menjaga kesehatan ginjal untuk menghilangkan kotoran yang seharusnya tidak diijinkan untuk menetap. Disini rambutan juga membantu pemeliharaan jaringan dan sel tubuh, baik dari sisi perbaikan maupun peremajaan. Fosfor dan kalsium di rambutan juga berfungsi mencegah keropos tulang.

Obat diabetes

Jika Anda penderita diabetes, tidak jarang menemukan produk obat yang terbuat dari ekstrak kulit manggis. Sebenarnya ada buah lain yang juga efektif menurunkan gula darah (glukosa), yaitu rambutan.

Buah Rambutan banyak digunakan oleh orang Asia Tenggara untuk pengobatan diabetes, tekanan darah tinggi dan beberapa penyakit kronis lainnya. Selain itu, kandungan antioksidan seperti flavonoid telah ditemukan sejak penelitian dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan obesitas.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau hipertensi istilah populer bisa memicu korban terkena stroke atau serangan jantung. Untuk menghindarinya Anda bisa meminta bantuan dari buah rambutan yang mampu mengurangi tekanan darah dan melembutkan kulit.

Manfaat buah rambutan banyak, sehingga Anda tidak akan kehilangan buah yang bisa Anda dapatkan dengan harga rendah ini. Ingat, kesehatan adalah rahmat terindah yang diberikan Tuhan kepada manusia selain cinta.

0 komentar:

Posting Komentar