Manfaat Buah Naga: Untuk kolesterol, diabetes, kanker, tulang, jantung, dll.

Manfaat Buah Naga: Untuk kolesterol, diabetes, kanker, tulang, jantung, dll.

Buah naga mulai terkenal karena banyak manfaatnya. Buah dengan tampilan unik ini, memiliki kulit berwarna pink, dengan lapisan dedaunan yang terlihat seperti duri buah durian.

Buah naga memiliki beberapa jenis, dengan warna kulit dan warna daging yang berbeda. Jenis buah naga, yaitu:

  • Buah naga memiliki warna merah muda dan dagingnya sangat merah padam.
  • Buah naga merah muda dan daging merah tidak terlalu terang.
  • Buah naga yang warnanya merah, sedangkan dagingnya berwarna putih.
  • Buah naga berwarna kuning dan dagingnya berwarna putih.


Khasiat buah naga
Buah dari naga Sumber gambar: Commons.Wikimedia.org

Kandungan gizi buah naga
Buah naga mengandung unsur penting yaitu udara, serat, protein, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B12), niasin (vitamin B3), asam askorbat (vitamin C), kalsium, karbohidrat, fosfor dan zat besi.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga kesehatan tulang

Nutrisi pada buah naga ada mineral alami berupa kalsium, zat besi dan fosfor. Manfaat nutrisi ini, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Menurut halaman Livestrong.com, kandungan kalsium dan zat besi dalam buah naga cukup baik untuk tulang dan organ darah.

Badan Pangan dan Pertanian Organisasi PBB tersebut menjelaskan bahwa buah naga memiliki nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Buah naga juga merupakan sumber zat besi yang baik. Selain untuk mempromosikan kesehatan tulang, asupan kalsium juga diperlukan untuk menjaga fungsi otot tubuh dan menjaga transmisi saraf.

Kandungan vitamin C yang juga tinggi pada buah naga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi paling optimal.

2. Mencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang menjadi spektrum yang menakutkan, terutama bagi mereka yang menerapkan gaya hidup buruk. Padahal, banyak ahli mengatakan bahwa kanker belum menemukan obatnya dengan pasti. Untuk mencegah kanker, suatu bentuk pencegahan adalah rutin mengkonsumsi buah naga.

baca juga: sunat pekanbaru
Itu karena di buah naga ada senyawa antioksidan tinggi phytoalbumin. Kedua senyawa tersebut berfungsi untuk mencegah serangan radikal bebas di tubuh, sehingga bisa menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Kandungan buah naga juga membantu dalam membantu mengoptimalkan proses membuang racun dari dalam tubuh. Jadi berbagai macam racun yang berisiko menyebabkan kanker akan dikesampingkan.

Dilansir dari laman Caloriebee.com, buah naga itu bisa mengurangi risiko kanker. Warna pigmen merah pada buah naga kaya akan lycopene, antioksidan flavonoid, dan phytoalbumins, yang berfungsi mencegah terbentuknya sel kanker di tubuh.

Di majalah American Institute for Cancer Research eNews, ia menyebutkan bahwa kandungan fitokimia likopen pada buah naga merah bergizi untuk mencegah kanker prostat.

Tapi penting untuk selalu diingat, untuk mengatasi masalah kanker, adalah wajib bagi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.

Senyawa antioksidan flavanoid dalam buah naga mencegah penyakit inflamasi seperti encok dan artritis.

3. Turunkan kadar kolesterol tinggi

Salah satu manfaat penting dari buah naga, terutama bagi orang yang telah melarang dokter makan 'buruk', manfaatnya adalah untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Buah naga memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi, manfaatnya sangat penting bagi penderita kolesterol tinggi, untuk menurunkan kadar LDL, sehingga terhindar dari risiko penyakit serius seperti serangan jantung.

Dari halaman Caloriebee.com, buah naga memiliki kandungan serat larut. Serat Kndungan bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem pencernaan, yang pada gilirannya juga bermanfaat untuk mengurangi akumulasi kolesterol yang menumpuk di tubuh makanan 'tidak sehat' yang dikonsumsi.

Dalam sebuah studi klinis yang dipublikasikan di American Journal of Applied Sciences, halaman 1341-1346, edisi 2009. Tidak disebutkan bahwa konsumsi buah naga merah selama lima minggu, secara efektif mampu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

4. Mencegah obesitas dengan membantu menurunkan berat badan

Buah naga memiliki kandungan proteinyang yang cukup bagus, selain itu buah naga rendah kandungan lemak dan karbohidrat. Dengan berat konten seperti itu, buah naga menjadi sangat cocok untuk Anda yang ingin m

0 komentar:

Posting Komentar